Mengenal Manfaat Ketan Hitam

Manfaat Ketan Hitam
Ketan hitam merupakan salah satu varietas padi yang termasuk dalam famili Graminae. Berdasarkan sifat fisiknya ketan hitam mempunyai warna hitam yang sangat mengkilap, dan sangat pulen atau lengket. Butir ketan hitam tersusun atas aleuron, endosperm, dan embrio. Dalam embrio dan aleuron terdapat komponen gizi seperti vitamin, lemak, protein, dan mineral, sedangkan pada bagian endosperm hampir seluruhnya adalah pati. Pada hampir seluruh tumbuhan ketan hitam terkandung pati. Pati merupakan bentuk cadangan makanan yang umumnya terdapat di dalam umbi atau biji. Senyawa terbesar lainnya adalah protein, yang disebut dengan oryzenin, sedangkan komponen lemak pada ketan hitam tidak begitu tinggi. Ketan hitam juga mengandung beberapa vitamin, seperti niacin, thiamin, dan riboflavin, sejumlah asam lemak (linoleat, oleat, dan palmitat), dan mineral (kalsium, magnesium, besi, dan fosfor). Selama ini manfaat ketan hitam hanyalah sebagai bahan pangan pokok seperti layaknya beras. Namun, penelitian terbaru menyebutkan bahwa ekstrak dari ketan hitam mulai dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam produk-produk kosmetika, seperti pewarna bibir (lipstik).


Indonesia sangat kaya akan sumber flora yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami. Pengembangan ketan hitam sebagai pewarna alami khususnya untuk lipstik sangat cocok sekali karena kandungan antosianin yang terdapat dalam ketan hitam sangat tinggi. Manfaat ketan hitam sebagai lipstik ini merupakan terobosan terbaru mengingat selama ini masyarakat mulai beralih ke pada bahan-bahan alami yang berasal dari hasil tumbuhan. Lipstik merupakan pewarna bibir yang diolah dari bahan utama minyak, lemak, dan lilin, dan bahan-bahan tambahan lainnya. Berdasarkan fungsinya lipstik digunakan untuk memberikan warna pada bibir yang kebanyakan digunakan oleh wanita agar terlihat lebih menarik. Warna dari lipstik sendiri dapat bermacam-macam, di antaranya merah jingga, merah muda, biru, ungu, dan sebagainya. Pada awalnya pewarna pada lipstik dibuat dari bahan sintetik kimia yang dapat menimbulkan efek samping pada sebagian orang.

Oleh karena itu, sekarang ini keberadaan lipstik dengan warna sintetik mulai kurang diminati, dan banyak yang telah beralih menggunakan bahan alami, salah satunya yaitu yang berasal dari ketan hitam. Ekstrak ketan hitam mengandung senyawa antosianin yang mempunyai warna ungu dan merah yang khas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna lipstik. Antosianin adalah pewarna yang banyak ditemukan pada hampir semua tumbuh-tumbuhan. Secara kimiawi semua antosianin merupakan turunan dari struktur aromatik tunggal, yaitu sianidin, yang mempunyai struktur yang stabil. Manfaat ketan hitam inilah yang akan dimaksimalkan dengan menjadikannya sebagai pewarna lipstik.Bibir merupakan kulit yang paling sensitif sehingga lebih peka dibandingbagian kulit lainnya. Oleh karena itu, hendaknya berhati-hati untuk memilih dan menggunakan lipstik, terutama oleh kandungan zat warnanya.