Manfaat Biji dan Bunga Teratai

manfaat bunga teratai

Teratai merupakan jenis tanaman air yang tumbuh secara alami di daerah perairan rawa, danau, atau sungai yang tidak begitu dalam dan berair tenang. Perkembangbiakan tanaman teratai dibantu oleh beberapa vektor, antara lain serangga, angin, dan air. Teratai termasuk ke dalam tanaman keluarga Nymphaceae, yang dapat berbunga sepanjang tahun.Tidak hanya untuk membantu penyebaran bibit teratai, manfaat bunga teratai telah lama diketahui masyarakat luas. Dalam pertumbuhannya, bunga teratai akan muncul di permukaan air, dan biasanya mekar pada sore menjelang malam hari. Namun, bunga teratai akan menutup kembali esok harinya sebelum menjelang tengah hari. Setelah layu, mahkota bunga akan berguguran hingga menyisakan dasar bunga yang akan menjadi buah.Buah yang dihasilkan berukuran bundar berdiameter sekitar 4–12 cm. Biji buah mempunyai warna coklat kehitaman dan tersimpan di dalam daging buah yang terbungkus oleh kulit ari yang sangat keras. Bentuk bakal buah ini seperti kerucut terbalik dan memiliki permukaan yang rata tetapi berlubang-lubang. Awalnya bakal buah ini berwarna hijau kekuningan, lalu berubah menjadi hijau dan coklat kehitaman.

Bunga teratai mempunyai bau yang harum, tumbuh tinggi ke atas permukaan air dengan panjang tangkai sekitar 75-200 cm, berdiameter 15-25 cm, memiliki benang sari yang banyak, kepala sari berwarna kuning, mahkota bunga berukuran lebar dengan warna kuning, merah muda, dan putih. Walaupun mekar dengan singkat, manfaat bunga teratai sangat baik sekali untuk dijadikan sumber obat maupun makanan. Sebagai obat, bunga teratai bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Di antaranya, disentri, demam, muntah, batuk darah, keputihan, tumor, insomnia, mimisan, sakit kepala, hipertensi, dan anemia. Sedangkan, sebagai makanan bunga teratai mengandung biji yang dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat (sebesar 87,67%, hampir setara beras dan tepung terigu)pengganti beras atau dapat juga dijadikan tepung untuk bahan baku pembuatan kue. Selain mengandung karbohidrat, kandungan gizi biji teratai lainnya adalah vitamin C, protein, lemak, asam amino dan asam lemak esensial yang lengkap.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bila orang yang mengkonsumsi bunga teratai utuh meliputi bijinya dipercaya mampu mengembalikan kekuatan tubuh dan melancarkan peredaran darah.Selain itu, manfaat bunga teratai lainnya yaitu dijadikan pajangan di dalam ruangan yang berfungsi sebagai aroma terapi untuk menurunkan panas, melegakan pernapasan, dan meringankan sakit kepala. Bunga teratai juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik dan menghaluskan kulit agar terlihat lebih cantik dan bercahaya. Kandungan penting lainnya pada bunga teratai adalah mengandung vitamin C, B1, B2, dan NH3 yang berguna untuk membantu tidur lebih nyenyak, menyembuhkan memar karena benturan di tubuh, dan untuk penghangat tubuh.