Manfaat Biji Bunga Teratai Bagi Kesehatan

biji bunga teratai
Salah satu bagian dari bunga Teratai yang yang dinilai sebagai sebuah lambang kesucian untuk para umat yang beragama Budha adalah Biji Bunga Teratai. Bagian biji dari bunga teratai ini dipercaya sejak lama dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain bisa mendorong limpat agar lebih sehat, membantu untuk menghentikan diare, biji bunga ini juga bisa membuat jantung serta ginjal kita lebih kuat.

Di dalam bahasa China, biji teratai ini disebut dengan lian mi, yang artinya adalah biji lotus, yaitu sebuah tanaman air yang sanggup bertahan hidup dalam jangka waktu cukup lama. Ciri-cirinya adalah bagian bunga serta daunnya yang berdiri dengan tegak di dalam air. Saat bunganya sudah mekar, maka kelopak biji yang berisi sebanyak 20 hingga 30 lubang kecil mulai terbentuk. Di tiap lubangnya tersembunyi masing-masing satu biji bunga teratai.


Kelopak bunga teratai ini rasanya manis dan memiliki kandungan astringen, yaitu zat yang bisa menyebabkan jaringan mengkerut. Daging buahnya juga begitu baik untuk mengurangi perawatan kulit sebab bisa mengurangi sekresi. Sifat yang dimiliki oleh biji bunga teratai ini tak panas ataupun dingin. Berikut ini adalah beberapa khasiat atau kegunaan yang dimiliki oleh biji bunga ini:
•    Menghilangkan Panas

Biji buah teratai ini rasanya pahit, tapi bisa membuat segar. Khasiat yang dimiliki adalah bisa meredakan panas yang ada di dalam perut, mencegah keluarnya air mani ketika malam hari alias mimpi basa, dan menghentikan pendarahan parah. Daging buah dari biji teratai ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, kanji, minyak, fosfor, kalsium, dan juga zat besi. Selain itu bagian ini juga mengandung banyak glukosida, alkaloid, dll. Saat ini biji teratai ini bisa gampang diperoleh dimana-mana, seperti halnya di berbagai took obat Cina.

•    Mengembalikan Stamina

Mengembalikan stamina usai sakit parah, dan mengembalikan tenaga setelah bekerja secara berlebihan ataupun setelah melahirkan. Caranya adalah kita ambil 30 gram daging biji teratai ini, 30 gram anggur merah, 30 gr gula merah, dan juga dua butir telur ayam kampong. Campurkan semuanya jadi satu, kukuslah dan kita makan tiap malam.

•    Meredakan Disentri yang Tak Kunjung Sembuh

Caranya adalah kita ambil 30gr daging bijinya, dan kukus sampai matang. Setelah itu kita jemur dan tumbuk sampai jadi bubuk. Bubuk inilah yang bisa kita tambahkan ke dalam menu makanan kita sehari-hari.

•    Mengembalikan Fungsi Limpar Usai Diare

Caranya adalah kita ambil sebanyak 120gr daging biji bunga teratai serta 120gr beras. Sangrai keduanya secara terpisah hingga warnanya berubah jadi kuning. Haluskan hingga jadi bubuk, dan campurkan dengan 2 sdt gula pasir serta air matang. Setelah itu bisa kita gunakan untuk mengompres pada daerah yang sakit.